8 Tips Mudah untuk Atasi Insomnia

Diposting oleh Unknown



Insomnia merupakan sebuah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Insomnia kadang menjadi sebuah kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan. Kebiasaan tidur atau terbangun di malam hari ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dan berikut ini adalah 10 Tips Mudah untuk Atasi Insomnia seperti yang dikutip dari nhs.uk :

1. Buat jadwal jam tidur dan bangun pagi
Biasakanlah untuk membuat jadwal tidur secara konsisten disaat anda mulai merasa kantuk dan bangun di pagi hari di waktu yang sama. Misal anda biasa mengantuk pada jam 10 maka segera pergi ke tempat tidur anda dan bangunkan diri anda di jam 5 pagi. Buat jadwal ini secara konsisten setiap hari maka akan membuat kualitas tidur anda lebih baik.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman
Untuk membuat tidur yang lelap, anda harus menciptakan lingkungan tempat tidur senyaman mungkin. Perhatikan kebersihan dan kerapihan tempat tidur anda. Beri dengan wewangian atau akuarium kecil. Hindari juga suara yang dapat menggangu tidur misal binatang peliharaan, dan lain sebagainya.

3. Olahraga di siang hari
Olahraga ringan di siang hari seperti berenang, jalan-jalan dan sebagainya dapat membantu memberikan anda kualitas tidur yang baik. Lakukan ini secara teratur setiap hari.

8 Tips Mudah untuk Atasi Insomnia
4. Hindari Kafein
Mengkonsumsi minuman berkafein seperi kopi di malam hari mempengaruhi kualitas tidur anda. Efeknya sangat lama bahkan sampai 24 jam. Sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi susu atau teh herbal.

5. Hindari alkohol
Mengkonsumsi alkohol sebelum tidur memang bisa membuat tidur lebih awal namun efek alkohol malah akan akan membangunkan anda di malam hari. Ini jelas akan menggangu tidur anda.

6. Jangan merokok
Seorang perokok biasanya akan memakan waktu lebih lama untuk tertidur, mereka bangun lebih sering. Bagi anda yang belum merokok jangan coba-coba yah :D

7. Bersantai sebelum tidur
Mandi air hangat, mendengarkan musik yang tenang atau melakukan yoga lembut untuk menenangkan pikiran dapat membuat tidur anda lebih baik.

8. Singkirkan rasa cemas
Beban hidup seperti tugas-tugas pada pagi hari bisa membuat tidur anda jadi terganggu bahkan bisa memicu nightmare (mimpi buruk), cobalah tenangkan pikiran anda. Hadapi semua dengan kepala dingin esok hari.

Nah itulah tadi 8 Tips Mudah untuk Atasi Insomnia,
Semoga bermanfaat.



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar